SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ......................
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/Program :
VI
Semester :2 (dua)
Alokasi Waktu :
16 x 30 menit
Standar
Kompetensi : 7. Mempraktikkan
pola penggunaan dan perpindahan energi
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
7.1
Melakukan
percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak (model jungkat
jungkit, katapel/model traktor sederhana energi pegas)
|
Energi dan
Perubahannya
A. Gaya dan Benda
|
o
Memahami
peta konsep tentang gaya
o
Melakukan
kegiatan 7.1, 7.2, dan 7.3
o
Pemanfaatan
gaya dalam berbagai peralatan :
-
Alat
panah
-
Katapel
-
Jungkat-jungkit
o
Membahas
kegiatan 7.2 dan 7.3
o
Melakukan
diskusi tentang kegiatan tersebut
o
Menagih
tugas pertemuan sebelumnya
o
Menjelaskan
faktor yang mempengaruhi gerak benda
o
Menyebutkan
alat-alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak
-
Semakin
sepeda
-
Mesin
jahit
-
Alat
timba air
-
Alat
penggerek bendera
o
Memahami
cara kerja dari alat-alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak di atas.
|
o Membuat model untuk menunjukkan gaya
pengaruh terhadap gerak, misalnya:
membuat model jungkat jungkit dan katapel. Menjelaskan berbagai faktor yang
mempengaruhi gerak benda, misalnya tarikan karet pada ketapel, gerak
jungkat-jungkit.
o Memberi contoh penggunaan alat yang
berhubungan dengan gaya dan gerak dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tugas Individu
dan Kelompok
|
Laporan dan unjuk kerja
Uraian Objektif
|
Kegiatan 7.1
Hlm.115
Kegiatan 7.2
Hlm.116
Kegiatan 7.3
Hlm.116
Tugas 7.1
Hlm.118
|
6 jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas VI
Alat:
-
Bola
plastik, ranting pohon berbentuk Y, tali karet, kulit bekas tas atau sepatu,
pisau, batu kecil, papan dan batu bata.
|
7.2 Menyajikan informasi tentang perpindahan dan
perubahan energi listrik
|
Energi dan
Perubahannya
B. Energi listrik
|
o
Memahami
peta konsep tentang energi listrik
o
Mengerjakan
kegiatan 7.4, 7.5, 7.6, 7.7,
7.8.
o
Mengerjakan
uji kompetensi. dan Latihan soal.
o
Memahami
prinsip kerja sumber energi listrik generator
o
Menyebutkan
penggerak pembangkit listrik
-
Tenaga
air
-
Tenaga
diesel
-
Tenaga
uap
-
Tenaga
nuklir
-
Tenaga
panas bumi
-
Tenaga
matahari
-
Tenaga
angin
o
Menjelaskan
proses kerja pembangkit listrik
o
Memahami
bagian dari baterai, aki dan dinamo sepeda
o
Memahami
prinsip kerja sumber energi Baterai, Aki (akumulator) Dinamo sepeda
o
Menjelaskan
perubahan energi listrik
o
Menyebutkan
alat-alat yang menggunakan energi listrik
o
Mengelompokan
benda yang menggunakan listrik dari PLTN
o
Mengelompokan
benda yang menggunakan listrik dari baterai
o
Menyebutkan
alat ukur listrik
-
Ohmmeter
-
Amperemeter
-
Voltmeter
-
AVO
meter
|
o Menunjukkan gejala kelistrikan, misalnya :
pengaruh menggosok benda.
o Mengidentifikasi berbagai sumber energi
listrik.
o Membuat rangkaian listrik sederhana dengan
berbagai variasi.
o Menggolongkan benda-benda yang bersifat
konduktor dan isolator listrik.
o Menunjukkan berbagai perubahan bentuk energi
listrik, misalnya energi listrik menjadi energi gerak, bunyi dan panas.
o Mencari contoh alat rumah tangga yang
memanfaatkan perubahan energi listrik.
|
Tugas Individu
dan Kelompok
|
Laporan
Uraian Objektif
|
kegiatan 7.4
Hlm.119
kegiatan 7.5
Hlm.122
kegiatan 7.6
Hlm.123
kegiatan 7.7
Hlm.124
kegiatan 7.8.
Hlm.125
uji kompetensi
Hlm.129
Latihan soal.
Hlm.131
|
10 jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas VI
Alat:
-
Penggaris,
kertas, buku
-
Kabel 50
cm, lampu 1,5 V, baterai
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (
Discipline ), Rasa hormat dan
perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ......................
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/Program :
VI
Semester : 2 (dua)
Alokasi Waktu :
16 x 30 menit
Standar
Kompetensi : 8. Memahami
pentingnya penghematan energi
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
8.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan
berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Menerapkan konsep energi gerak
A. Penggunaan alat listrik
B. Penggunaan bahan bakar
C. Hemat energi
|
o
Memahami
peta konsep tentang listrik
o
Tugas
8.1 dan 8.2
o
Menyebutkan
alat yang menggunakan listrik sebagai sumber energi
o
Memahami
cara menjaga keselamatan saat menggunakan listrik
o
Memahami
peristiwa korsleting dan cara pencegahannya
o
Mengetahui
fungsi dari sekring
o
Menyebutkan
bahan bakar selain listrik
o
Memahami
mengapa minyak tanah masih dipergunakan
o
Menyebutkan
bahan bakar untuk berbagai transportasi
o
Memahami
bahwa bahan bakar akan habis jika di pergunakan terus menerus
o
Memahami
proses pembentukkan kembali bahan bakar fosil amat lama
o
Berdiskusi
tentang hubungan antara dampak hemat energi terhadap polusi dan cara untuk
menghemat energi
|
o Menunjukkan alat- alat rumah tangga yang
menggunakan energi listrik.
o Mengidentifikasi kegunaan energi listrik
dalam rumah tangga.
o Mempraktikkan cara-cara menghemat energi di
rumah atau di sekolah.
o Memberikan alasan-alasan pentingnya menghemat
energi, karena sumber energi di bumi jumlahnya terbatas.
|
Tugas Individu
dan Kelompok
|
Laporan
Uraian Objektif
|
Tugas 8.1
Hlm.125
Tugas 8.2
Hlm.126
|
6 jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas VI
Alat:
-
Kertas
karton,
|
8.2 Membuat suatu karya/model yang menggunakan
energi listrik (bel listrik / alarm / model lampu lalu lintas / kapal terbang
/ mobil-mobilan / model penerangan rumah)
|
Menerapkan konsep energi gerak
D. Karya yang menggunakan energi listrik.
Hlm.142.
|
o
Memahami
peta konsep pembuatan lampu lalu lintas, bel listrik, dan bel pengaman
o
Menjelaskan
kinerja dari karya lampu lalu lintas, bel listrik, dan bel pengaman
o
Membuat
laporan, dan menjawab pertanyaan berkaitan dengan karya lampu lalu lintas,
bel listrik, dan bel pengaman
o
Mengerjakan
uji kompetensi, dan latihan soal
|
o Menentukan karya yang akan dibuat.
o Merancang suatu karya/alat yang menggunakan
energi listrik, misalnya alarm, bel listrik, model lampu lalu lintas, kapal terbang,
mobil-mobilan.
o Mengidentifikasi alat dan bahan yang sesuai
rancangan.
o Mengidentifikasi hubungan antara benda/bahan
yang digunakan dengan kinerja karyanya.
o Menguji hasil rancangan.
o Menyempurnakan karya yang dibuat untuk
menghasilkan karya yang sesuai tujuan.
|
Tugas Individu
Dan kelompok
|
Uraian Objektif
|
Uji kompetensi
Hlm.146
Latihan Soal.
Hlm.147
|
10 jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas VI
Alat:
-
Tiga
lampu, tiga tempat lampu, 3 baterai 1.5 V, saklar, kabel, perekat.
-
Kawat,
baut besar, besi lentur (10 cm), baterai, kaleng minum bekas,
-
Bel
listrik, baterai, pemberat logam, gabus, pipa paralon, pisau dan papan.
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (
Discipline ), Rasa hormat dan
perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ......................
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/Program :
VI
Semester : 2 (dua)
Alokasi Waktu :
30 x 30 menit
Standar Kompetensi :
9. Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata
surya
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
9.1
Mendeskripsikan
sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya
|
Bumi dan Alam
Semesta
A. Tata Surya (Hlm.153)
|
o
Memahami
peta konsep tentang tata surya
o
Mengetahui
bahwa matahari adalah pusat dari tata surya yang di kelilingi
olehplanet-planet.
o
Menyebutkan
penyebab plenet-planet mengelilingi matahari
o
Membuat
keterangan mengenai matahari
o
Memahami
perbedaan antara planet dengan matahari
o
Menyebutkan
planet-palanet yang mengelilingi matahari
o
Menagih
tugas pertemuan sebelumnya
o
Memahami
pengertian dari
-
Orbit
-
Revolusi
-
Rotasi
o
Mengetahui
kala revolusi dan rotasi suatu planet
o
Memahami
pengelompokkan planet luar dan planet dalam
o
Mengetahui
cara melihat planet dengan teleskop
o
Memahami
sifat dan keadaan planet : Merkurius, Venus , Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus,
Uranus, Neptunus
o
Memahami
peta konsep tentang tata surya
o
Memahami
sifat dan keadaan benda langit seperti :
-
Meteor
dan meteorid
-
Komet
-
Asteroid
dan Planetoid
-
Satelit
|
o Mengenali planet-planet dan benda-benda
langit yang beredar mengelilingi matahari.
o Mendeskripsikan posisi planet-planet dalam
tata surya.
o Mendeskripsikan peredaran planet-planet di
dalam tata surya.
o Membuat perbandingan ukuran anggota-anggota
tata surya dengan skala yang tepat *).
|
Tugas Individu
|
Uraian Objektif
|
Tugas 9.1
Hlm 162
|
12 jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas VI
Alat:
-
|
9.2
Mendeskripsikan
peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan
|
Bumi dan Alam
Semesta
B. Gerakan Bumi dan Bulan (Hlm.166)
|
o
Memahami
peta konsep tentang gerak bumi
o
Melakukan
kegiatan 9.1,9.2, 9.3
o
Memahami
analogi rotasi bumi dengan sebuah gasing
o
Mengetahui
lamanya rotasi bumi selama sehari adalah 24 jam
o
Menjelaskan
pengaruh rotasi
-
Terjadinya
siang dan malam
-
Terjadinya
gerak semu harian bintang
-
Terjadinya
perbedaan waktu
o
Memahami
bahwa bumi beredar mengelilingi matahari
o
Mengetahui
kemiringan bumi saat megitari matahari yaitu 23½° dari garis tegak lurus pada ekliptika
o
Menjelaskan
pengaruh revolusi bumi yaitu terjadinya perubahan musimdibelahan bumi utara
dan belahan bumi selatan
o
Menjelaskan
pergerakan bulan dalam peredarannya
-
Berputar
pada porosnya
-
Mengelilingi
bumi (berevolusi)
-
Bulan
dan bumi mengelilingi matahari
o
Mengetahui
kedudukan revolusi bulan, dengan memahami fase-fase bulan
|
o Mendemonstrasikan dengan menggunakan model
peristiwa rotasi bumi .
o Mendeskripsikan akibat peristiwa rotasi bumi
dengan menggunakan model misal: terjadinya siang dan malam dan perbedaan waktu.
o Mendemonstrasikan gerakan bumi mengelilingi
matahari (revolusi).
o Memperagakan dengan menggunakan model
revolusi bulan mengelilingi bumi.
|
Tugas Individu
dan kelompok
|
Uraian Objektif
|
Kegiatan 9.1
Hlm.167
Kegiatan 9.2
Hlm.170
Kegiatan 9.3
Hlm 173
|
6 jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas VI
Alat:
-
Globe,
lampu senter
-
Bola
kaki, kertas spidol, selotip
|
9.3
Menjelaskan
terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari
|
Bumi dan Alam
Semesta
A. Gerhana bulan dan matahari (Hlm.175)
|
o
Memahami
peta konsep tentang gerakan bulan dan bumi
o
Melakukan
kegiatan 9.4 dan 9.5
o
Memahami
istilah dari :
-
Umbra
-
Penumbra
o
Menjelaskan
penyebab gerhana bulan total dan gerhana bulan sebagian
o
Memahami
peta konsep tentang gerakan bulan dan bumi
o
Memahami
hal-hal penting mengenai gerhana matahari
-
Gerhana
matahari hanya mungkin terjadi pada saat bulan baru
-
Bagian
matahari yang tertutuplebih dahulu adalah bagian sebelah kanan (barat)
-
Gerhana
matahari total paling lama berlangsung selama 7 menit
-
Gerhana
matahari hanya dialami oleh sebagian bumi pada siang hari
|
o Menggambarkan terjadinya gerhana bulan dan
matahari.
o
o Mengenali beberapa bentuk gerhana matahari
dan bulan menggunakan model atau charta.
|
Tugas Individu
dan kelompok
|
Uraian Objektif
|
Kegiatan 9.4
Hlm.177
Kegiatan 9.5
Hlm 178
|
4 jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas VI
Alat:
-
Bola
besar, bola kecil, senter
|
9.4
Menjelaskan
perhitungan kalender Masehi dan kalender Hijriah
|
Bumi dan Alam
Semesta
B. Sistem penanggalan (Hlm.180)
|
o Memahami peta konsep tentang sistem
penanggalan
o Memahami sistem penanggalan:
-
Tahun
masehi atau tahun syamsiah
-
Tahun
komariyah atau tahun hijriyah
o
Menyebutkan
nama-nama bulan pada tahun masehi
o
Menyebutkan
nama-nama bulan pada tahun komariyah
o
Melakukan
tugas 9.2. Hlm.181
o
Melakukan
uji kompetensi.
o
Membahas
latihan soal
o
Membahas
latihan ulangan semester
|
o Menjelaskan sistem penanggalan atau kalender
(kalender Masehi dan kalender Hijriah) serta hubungannya dengan revolusi
bumi.
o Menjelaskan dasar perhitungan tahun masehi
dan dasar perhitungan tahun Hijriah.
|
Tugas Individu
|
Uraian Objektif
|
Tugas 9.2
Hlm.181
Tugas 9.3
Hlm.182
Uji kompetensi
Hlm.184
Latihan soal
Hlm. 186
Latihan ulangan umum
Hlm. 191
|
8 jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas VI
Alat:
-
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (
Discipline ), Rasa hormat dan
perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah ..........................
(
.............................................. )
NIP/NIK :
..............................
|
.......................................... 20 .....
Guru
Mapel IPA ( SAINS )
(
.............................................. )
NIP/NIK
: ..............................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar