SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ......................
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/Program :
VI
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu :
10 x 30 menit
Standar
Kompetensi : 1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup
dengan lingkungan tempat hidupnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1. Mendeskripsikan
hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak,
bebek) dan lingkungan hidupnya
|
Ciri-ciri khusus makhluk hidup
A. Ciri ciri khusus beberapa jenis hewan
|
o
Memahami
peta konsep tentang makhluk hidup
o
Mempelajari
ciri khusus :
-
Alat
pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi)
-
Kaki
lengket pada cecak dan tokek.
-
Lidah
yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut
-
Punuk
pada unta.
-
Mata dan
pendengaran yang tajam pada burung hantu.
-
Semburan
air ikan pemanah.
-
Mempelajari
Bentuk sederhana bunga karang (koral).
|
o
Mencari
contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya:
kelelawar dan cicak
o Mendeskripsikan cirri khusus hewan yang ada
di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di
sekitarnya (sonar)
|
Tugas Individu
|
Laporan
|
Tugas 1.1
Hlm.3
Tugas 1.2
Hlm.4
Tugas 1.3
Hlm.5
Tugas 1.4
Hlm.8
|
4 jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas VI
Alat:
-
Buku
atau majalah
|
1.2. Mendeskripsikan
hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan
serangga) dengan lingkungan hidupnya
|
Ciri-ciri khusus makhluk hidup
B. Ciri ciri khusus beberapa tumbuhan
|
o
Memahami
peta konsep tentang makhluk hidup
o
Mempelajari
rongga udara pada teratai
o
Mempelajari
kantung semar dan venus si pemakan serangga.
o
Mempelajari
bau busuk bunga rafflesia
o
Mempelajari
batang penyimpan air pada kaktus.
|
o Memberi contoh tumbuhan yang mempunyai ciri
khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya teratai.
o Mendeskripsikan ciri khusus tumbuhan yang ada
di sekitarnya.
o Mengaitkan antara ciri khusus yang dimiliki
tumbuhan tersebut dengan lingkungan hidupnya.
|
Tugas Individu
|
Uraian Objektif
|
Tugas 1.5
Hlm.9
Tugas 1.6
Hlm.10
Tugas 1.7
Hlm.11
Latihan soal
Uji kompetensi
|
6 jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas
VI
Alat:
-
Buku
atau majalah
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (
Discipline ), Rasa hormat dan
perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/Program :
VI
Semester :
1 (satu)
Alokasi
Waktu : 24 x 30 menit
Standar
Kompetensi : 2. Memahami cara
perkembangbiakan makhluk hidup
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1
Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia
dari bayi sampai lanjut usia
|
Perkembangbiakan
makhluk hidup
A. Perkembangan dan pertumbuhan manusia.
|
o
Memahami
peta konsep tentang perkembangan tubuh manusia
o
bahwa
manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan
o
Menjelaskan
dengan diskusi tentang perkembangan manusia mulai dari:
-
Satu
bulan
-
Delapan
bulan
-
Lima
tahun
-
Belasan
tahun
-
Usia
dewasa
-
Lanjut
usia
|
o Mendiskusikan perkembangan dan pertumbuhan
manusia dari bayi sampai lanjut usia
|
Tugas Kelompok
|
Laporan dan unjuk kerja
|
|
2 jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas VI
Alat:
-
|
2.2
Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak
laki-laki dan perempuan
|
Perkembangbiakan
makhluk hidup
B. Perubahan fisik tubuh manusia pada masa
pubertas.
|
o
Memahami
peta konsep tentang perkembangan manusia.
o
Memahami
saat remaja (16 – 20 tahun) laki-laki atau perempuan mengalami pertumbuhan
yang pesat.
o
Mengetahui
pertumbuhan primer dan sekunder pada
laki-laki
o
Mengetahui
pertumbuhan primer dan sekunder pada perempuan
o
Mengetahui
cara menjaga kesehatan diri dan organ reproduksi.
|
o Mendiskusikan perubahan fisik tubuh laki-laki
dan perempuan pada masa pubertas dan pengaruhnya.
o Menjaga kebersihan organ-organ reproduksi
|
Tugas Individu
|
Uraian Objektif
|
Tugas 2.1
Tugas 2.2
|
2 jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas VI
Alat:
-
|
2.3
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan
hewan
|
Perkembangbiakan
makhluk hidup
C. Perkembangbiakan hewan.
D. Perkembangbiakan tumbuhan.
|
o
Mengerjakan
tugas 2.3, 2.4, 2.5, 2.6, 2.7, 2.8
o
Mengetahui
cara hewan berkembangbiak
-
Membelah
diri dan bertunas
-
Bertelur
-
Melahirkan
-
Bertelur-melahirkan
o
Memahami
dan menyebutkan cara hewan membelah diri dan bertunas
-
Membelah
diri : protozoa
-
Bertunas
: anemon laut,
o
Memahami
dan menyebutkan cara hewan bertelur (ovipar)
-
Merpati,
elang, ayam,
-
Ikan,
serangga dan amfibi
o
Memahami
dan menyebutkan cara hewan berkembangbiak dengan melahirkan (vivipar)
-
Kucing, Anjing,
sapi, kijang
-
Pesut,
lumba-lumba, paus
o
Memahami
dan menyebutkan cara hewan bertelur – melahirkan (ovovivipar)
o
Menjelaskan ciri hewan bertelur dan melahirkan
o
Perkembanganbiakan
tumbuhan dibagi menjadi dua
-
Vegetatif
-
Generatif
o
Menjelaskan
dan memberikan contoh perkembangbiakan vegetatif
o
Menjelaskan
dan memberikan contoh perkembangbiakan vegetatif buatan
o
Memahami
perkembang biakan dengan stek
o
Memahami
cara memelihara perkembangbiakan tumbuhan secara generatif melalui
penyerbukan.
o
Menyebutkan
bagian-bagian bunga
o
Menjelaskan
proses penyebukan dan pembuahan
o
Menyebutkan
cara-cara penyerbukan
|
o Mengidentifikasi berbagai cara hewan
berkembang biak.
o Membedakan ciri-ciri antara hewan yang
berkembang biak dengan cara bertelur dan dengan cara melahirkan.
o Mengidentifikasi berbagai cara tumbuhan
berkembang biak.
o Menyimpulkan bahwa tumbuhan berkembang biak
dengan cara vegetatif dan generatif.
o Mengidentifikasi bagian-bagian bunga dan biji
sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan.
o Menjelaskan peran penyerbukan
o Mempraktekkan cara membiakkan tumbuhan,
misalnya stek dan cangkok.
|
Tugas Individu
Dan kelompok
|
Uraian Objektif
Tugas
Kegiatan
|
Tugas 2.3. Hlm.26
Tugas 2.4. Hlm.27
Tugas 2.5
Hlm. 32
Tugas 2.6. Hlm.34.
Tugas 2.7. Hlm.39.
Tugas.2.8. Hlm.41.
|
16 jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas VI
Alat:
-
Tanaman
jambu, mangga atau belimbing, tanah, pupuk kandang, pisau, gergaji, tali
rafiah, polybag.
|
2.4
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan manusia
|
Perkembangbiakan
makhluk hidup
E. Perkembangbiakan manusia.
|
o
Memahami
cara manusia berkembangbiak manusia
o
Menjelaskan
proses perkembangbiak manusia
Penyatuan sel telur dan sel sperma → pembuahan → embrio → perkembangan
bayi dalam rahim → bayi
o
Mengetahui
calon bayi memperoleh makan
o
Mengerjakan
uji kompetensi dan latihan soal Hlm.48.
|
o Mengidentifikasi berbagai cara manusia berkembang biak.
|
Tugas Individu
|
Uraian Objektif
|
Latihan soal
Uji kompetensi
|
4 jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas VI
Alat:
-
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (
Discipline ), Rasa hormat dan
perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ......................
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/Program :
VI
Semester 1 (satu)
Alokasi Waktu :
12 x 30 menit
Standar
Kompetensi : 3. Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap
keseimbangan lingkungan
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1 Mengidentifik-asi
kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)
|
Keseimbangan
ekosistem
A. Berbagai kegiatan manusia yang dapat
mempengaruhi keseimbangan ekosistem. Hlm.53
|
o
Memahami
peta konsep tentang keseimbangan ekosistem
o
Menyebutkan
kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem.
-
Penebangan
dan pembakaran hutan
-
Penggunaan
pupuk dan pestisida secara berlebihan
-
Perburuan
liar
-
Perusakan
terumbu karang
-
Pembangunan
industri (pabrik)
o
Menjelaskan
dampak dari kegiatan manusia yang mempengaruhi keseimbangan ekosistem
o
Siswa
berdiskusi mengenai kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan
ekosistem
|
o Menjelaskan berbagai kegiatan manusia yang
dapat mempengaruhi kestabilan ekosistem, misalnya penggunaan bahan kimia dan
penebangan hutan.
o Meramalkan pengaruh penggunaan bahan kimia
pada lingkungan melalui pengamatan, misalnya penggunaan pupuk dan pestisida
secara berlebihan.
|
Tugas Kelompok
|
Laporan
Hasil diskusi
Uraian Objektif
|
Tugas 3.1
Hlm.50
|
4 jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas VI
Alat:
-
|
3.2 Mengidentifika-si
bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada
ketidakseimbangan lingkungan
|
Keseimbangan
ekosistem
B. Mencegah kepunahan hewan dan tumbuhan. Hlm.57
|
o
Memahami
bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia dan mengarah pada pemusnahan
jenisnya,
-
kayu
jati (mebel, pintu, dan jendela)
-
kayu
cendana (bahan keranjinan, kosmetik, minyak cendana)
-
batang
gaharu (minyak astiri)
-
batang
rotan (mebel dan kerajinan tangan)
o
Berdiskusi
mengenai cara manusia memanfaatkan tunbuhan dengan bijaksana.
|
o
Mencari
contoh bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan dan mengarah pada pemusnahan
jenisnya, misalnya kayu jati dan kayu cendana*).
o
Menjelaskan
berbagai cara penanggulangannya, misalnya penanaman tumbuhan kembali dan membudidayakan tumbuhan langkah.
|
Tugas Individu
|
Uraian Objektif
|
–
|
2 jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas VI
Alat:
-
|
3.3 Mengidentifika-si
bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada
ketidakseimbangan lingkungan
|
Keseimbangan
ekosistem
B. Mencegah kepunahan hewan dan tumbuhan. Hlm.57
|
o
Mengerjakan
uji kompetensi
o
Memahami
bagian hewan yang sering dimanfaatkan manusia dan mengarah pada pemusnahan
jenisnya,
-
Macan
tutul dan harimau (mantel dan permadani)
-
Cenderawasih
(topi)
-
Badak
(cula)
-
Gajah
(gading untuk hiasan rumah)
o
Berdiskusi
mengenai cara manusia memanfaatkan tunbuhan dengan bijaksana.
o
Menyebutkan
cara menanggulangi perburuan dan pemusnahan
-
Melindungi
hewan dan tumbuhan langkah
-
Melakukan pembudidayaan hewan dan tumbuhan langkah
-
Menggunakan
bahan pengganti dari tumbuhan, hewan ternak atau sintesis
|
o Mencari contoh bagian tubuh hewan yang sering
dimanfaatkan dan mengarah pada pemusnahan jenis hewan tersebut, seperti
gading gajah dan kulit ular *).
o Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya,
misalnya mengganti gading dengan gading tiruan, melarang perburuan hewan
langka, membudidayakan hewan langka *).
|
Tugas Individu
|
Uraian Objektif
|
Uji Kompetensi
Hlm. 59
Latihan soal
Hlm.61
|
6 jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas VI
Alat:
-
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (
Discipline ), Rasa hormat dan
perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ......................
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/Program :
VI
Semester
1 (satu)
Alokasi Waktu :
10 x 30 menit
Standar
Kompetensi : 4. Memahami pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup
untuk mencegah kepunahan
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis
Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
4.1
Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan
yangmendekati kepunahan
|
Pelestarian makhluk
hidup
A. Hewan dan tumbuhan langkah.
|
o
Memahami
peta konsep tentang Mengerjakn tugas 4.1 dan 4.2
o
Memahami
hewan dan tumbuhan yang hampir punah disebut hewan dan tumbuhan langkah
o
Menyebutkan
hewan yang dilindungi
-
Burung
cendrawasih
-
Burung
jalak
-
Badak bercula
satu
-
Harimau
sumatera
-
Komodo
-
Panda
gorila
-
Orang
utan
o
Membuat
daftar dengan tabel hewan dan tumbuhan yang dilindungi
o
Menyebutkan
hewan yang dilindungi
-
Bunga
bangkai raksasa
-
Bunga
rafflesia
-
Jamblang
-
Kesemek
-
Cendana
|
o Mengumpulkan jenis hewan dan tumbuhan
yangmendekati kepunahan
|
Tugas Individu
Tugas Kelompok
|
Laporan
Uraian Objektif
|
Tugas 4.1
Hlm. 69
Tugas 4.2
Hlm.70
|
4 jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas VI
Alat:
-
|
4.2
Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk
hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan kehidupan masyarakat
|
Pelestarian makhluk
hidup
B. Pentingnya pelestarian makhluk hidup.
|
o
Memahami
peta konsep tentang hewan dan tumbuhan langkah
o
Memahami
cara agar hewan dan tumbuhan tidak punah
-
Melindungi
tempat hidupnya
-
Mengembangbiakkan
-
Melarang
kepemilikan satwa yang dilindungi
o
Menyebutkan
tempat lindung untuk hewan dan tumbuhan
-
Suaka
margasatwa
-
Cagar
alam
-
Taman
nasional
-
Taman
hutan raya
-
Taman
wisata alam
o
Menyebutkan
tempat khusus untuk mengembangbiakkan yaitu dengan membuat penangkaran,
seperti penengkaran buaya
o
Mengerjakan
uji kompetensi sebagai tolak ukur pemahaman materi keseimbangan ekositem
|
o
Menjelaskan
berbagai cara penanggulangannya, misalnya penanaman tumbuhan kembali dan membudidayakan tumbuhan langkah
o
Menjelaskan
berbagai cara penanggulangannya, misalnya mengganti gading dengan gading
tiruan, melarang perburuan hewan langka, membudidayakan hewan langka *).
|
Tugas Individu
|
Uraian Objektif
|
Uji kompetensi
Hlm.74
Latihan soal
Hlm.75
|
6 jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas VI
Alat:
-
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (
Discipline ), Rasa hormat dan
perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ......................
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/Program :
VI
Semester
1 (satu)
Alokasi Waktu :
14 x 30 menit
Standar
Kompetensi : 5. Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran
dan kegunaan benda
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||||||||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||||||
5.1
Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas
dari berbagai benda
|
Konduktor dan isolator
panas
A. Benda konduktor dan isolator panas.
|
o
Memahami
peta konsep tentang benda
o
Melakukan
kegiatan 5.1
o
Memahami
peta konsep tentang benda
o
Memahami
sifat-sifat benda yang berhubungan dengan panas yang diterima benda tersebut.
o
Membedakan
sifat benda konduktor dan isolator panas
o
Menjawab
soal pada lembar kegiatan
o
Memahami
peta konsep tentang benda
o
Menyebutkan
beberapa benda yang tergolong konduktor
-
Sendok
-
Paku,
o
Menyebutkan
beberapa benda yang tergolong isolator
-
Plastik
-
Kayu
-
Kertas
-
tembok
|
o Membedakan arti konduktor dan isolator.
o Melakukan percobaan untuk menyelidiki benda
yang bersifat sebagai konduktor dan isolator panas
o Menggolongkan benda yang bersifat sebagai
konduktor atau isolator panas.
|
Tugas Individu
Tugas Kelompok
|
Laporan
Uraian Objektif
|
Kegiatan 5.1
Hlm.80
|
4 jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas VI
Alat:
-
Lilin,
korek api, lidi, kawat, sendok logam, sendok plastik, pensil, ranting kayu,
benda-benda lain.
|
||||||
5.2
Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan
sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas
|
Konduktor dan
isolator panas
B. Bahan untuk membuat konduktor dan isolator
panas.
|
o
Mengerjakan
tugas 5.1
o
Menyebutkan
kegunaan dari logam dan contoh benda dalam kehidupan sehari-hari
o
Menyebutkan
sifat dari kaca tembus pandang dan keras
o
Menyebutkan
kegunaan dari kaca dan contoh benda dalam kehidupan sehari-hari
o
Mengulang
materi sebelumnya
o
Menyebutkan
sifat dari kayu dan plastik yaitu tidak menghantarkan panas
o
Menyebutkan
kegunaan dari kayu dan plastik
-
Gagang
payung
-
Gagagang
wajan
-
Tatakan
gelas
o
Menyebutkan
sifat dari kain (bahan sandang) yaitu tidak menghantarkan panas
o
Menyebutkan
kegunaan dari kain dan contoh benda di dapur pelapis saat tangan memegang
paci dan penggorengan panas
o
Membuat
daftar peralatan dapur yang terbuat dari isolator
o
Menyebutkan
peralatan rumah tangga yang menggunakan bahan konduktor dan isolator
|
o
Membuat
daftar nama alat-alat dapur dan alat-alat rumah tangga yang bersifat
konduktor atau isolator.
o
Membedakan
bahan-bahan yang bersifat konduktor atau isolator melalui pengamatan.
|
Tugas Individu
Tugas Kelompok
|
Laporan
Uraian Objektif
|
Tugas 5.1
Hlm.81
Uji kompetensi
Hlm. 86
Latihan Soal
Hlm. 87
|
10 jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas VI
Alat:
-
|
||||||
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (
Discipline ), Rasa hormat dan
perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ......................
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/Program :
VI
Semester
1 (satu)
Alokasi Waktu :
14 x 30 menit
Standar Kompetensi :
6. Memahami faktor penyebab
perubahan benda
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
6.1 Menjelaskan
faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan)
melalui pengamatan
|
Perubahan pada benda
A. Faktor penyebab perubahan benda.
|
o
Memahami
peta konsep tentang perubahan benda
o
Mengerjakan
tugas 6.1 dan 6.2
o
Menyebutkan
penyebab perubahan benda
-
Pelapukan
-
Perkaratan
-
Pembusukan
o
Memahami
proses pelapukan
-
Pelapukan
biologi
-
Pelapukan
fisika
o
Menyebutkan
cara mencegah proses pelapukan
o
Memahami
proses perkaratan
o
Menyebutkan
cara mencegah perkaratan dengan diskusi
o
Memahami
penyebab pembusukan pada makanan
o
Menyebutkan
cara mencegah pembusukan
-
Memberi
bahan pengawet
-
Memanaskan
makanan
-
Mengasinkan
makanan
-
Mengasapkan
makanan
-
Menyimpan
makan di kulkas
o
Menyebutkan
bahan pengawet alami dan buatan
|
o Mengidentifikasi penyebab perubahan benda
dengan berbagai kondisi (misalnya, pelapukan kayu, perkaratan logam, dan
membusuknya makanan) dan menunjukkan cara menghambatnya
o Mendeskripsikan perubahan berbagai benda
dengan kondisi yang berbeda
o Menjelaskan berdasarkan hasil pengamatan
bahwa bahwa tingkat perubahan benda dipengaruhi oleh berbagai kondisi,
misalnya: suhu, kelembaban, ada tidaknya kuman, dan waktu.
o Menggolongkan perubahan pada berdasarkan
faktor yang mempengaruhinya, misalnya: pelapukan kayu akibat proses
pembusukan, perkaratan akibat kelembaban, pembusukan akibat proses
penguraian.
|
Tugas Individu
Tugas Kelompok
|
Laporan
Uraian Objektif
|
Tugas 6.1
Hlm.95
Tugas 6.2
Hlm.97
|
6 jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas VI
Alat:
-
Paku
baru, air, gelas plastik, roti tawar,
|
6.2 Mengidentifik-asi
faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda/bahan untuk tujuan tertentu
(karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari
|
Perubahan pada benda
B. Faktor penentu dalam memilih benda atau bahan
|
o
Memahami
peta konsep perubahan pada benda
o
Melakukan
kegiatan 6.1
o
Menyebutkan
kegunaan masing-masing benda sesuai dengan sifat-sifatnya
o
Mengerjakan
uji kompetensi
o
Membahas
latihan soal. Hlm.109
o
Latihan
ulangan semester.
|
o
Mengidentifikasi
sifat-sifat benda/ bahan untuk keperluan tertentu, misalnya: karet bersifat
lentur, logam bersifat menghantar panas, kayu bersifat penghambat panas,
plastik bersifat kedap air.
o
Menentukan
kegunaan bahan-bahan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tugas Individu
Tugas Kelompok
|
Laporan
Uraian Objektif
|
Kegiatan 6.1
Hlm.101
Uji kompetensi
Hlm.77
Latihan soal Hlm.105
Latihan ulangan umum Hlm.109
|
8 jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas VI
Alat:
-
Ember,
cangkul, pintu rumah
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (
Discipline ), Rasa hormat dan
perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah ..........................
(
.............................................. )
NIP/NIK :
..............................
|
|
.......................................... 20 .....
Guru
Mapel IPA ( SAINS )
(
.............................................. )
NIP/NIK
: ..............................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar